Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Android Blank Screen

Cara Mengatasi Android Blank Screen – Layar merupakan salah satu komponen terenting pada sebuah HP android yang mena memiliki fungsi sebagai tempat tampilan saat smartphone android digunakan. Dengan adanya layar LCD ini, tentu smartphone android bisa dioperasikan. Namun, bagaimana jika layar tersebut mengalami masalah, seperti ngblank? Tentu hal tersebut akan membuat para pengguna panik dan resah. Apalagi jika anda masih awam dalam hal yang demikian ini, pasti sangat panik sekali dan mengira HP anda tersebut sudah rusak.

Cara Mengatasi Android Blank Screen
Cara Mengatasi Android Blank Screen

Sebenarnya yang demikian ini belum tentu smartphone android anda tersebut rusak. Ngblank pada android memang biasa terjadi dan memang banyak dialami oleh para pengguna. Hal tersebut tentu bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik dari pengguna atau karena sistem android yang bermasalah.

Jika anda mengalami masalah samrtphone android blank screen ini, anda tidak perlu terlalu panik dan khawatir HP android tersebut rusak. Anda bisa kok memperbaikinya sendiri, meski tanpa harus membawanya ke Service Center. Cukup menyimak cara mengatasi android blank Screen dibawah ini, maka anda sudah bisa mendapati HP android anda kembalu normal.

Cara Mengatasi Android Blank Screen

Ada dua masalah blank screen yang biasa dialami oleh beberapa pengguna android yaitu, layar blank putih dan layar blank hitam. Untuk kedua masalah ini, sudah kami rangkumkan secara terperinci mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Berikut  cara mengatasi android blank putih dan blank hitam untuk anda.

Cara mengatasi android blank hitam

Sebelum lanjut ke cara mengatasi android blank hitam, perlu anda tahu terlebih dahulu mengenai beberapa penyebabnya agar nanti masalah ini tak akan terulang lagi. Berikut penyebabnya :

  • Loading Software yang lambat atau error
  • Terjadi error atau corrupt pada aplikasi
  • Screen Guard atau Protektor yang mengganggu screen

Lalu untuk cara mengatasi android blank hitam ini, berikut langkah-langkahnya :

  • Matikan smartphone android selama kurang lebih 1 menit, lalu hidupkan kembali.
  • Jika tidak berhasil, matikan HP lalu cabut baterai dan diamkan beberapa menit. Kemudian pasang kembali dan hidupkan HP android.
  • Lepaskan pelindung layar atau Screen Guard.
  • Jika memang cara diatas masih belum mempan, anda bisa masuk ke recovery mode, kemudian lakukan factory reset.

Masih belum berhasil? Langkah terakhir yaitu melakukan reflash software android anda. Niscaya masalah blank screen akan segera teratasi.

Cara mengatasi android blank putih

Sebelum lanjut ke cara mengatasi android blank putih, alangkah lebih baikny mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab yang menjadikan layar android tersebut blank putih. Berikut beberapa penyebabnya :

  • Terjadinya kesalahan flash ROM atau Software atau juga Firmware android
  • Terjadinya kerusakan, kendur atau terlepasnya konektor LCD
  • Tegangan yang disupply ke smartphone tidak stabil karena baterai yang rusak, kembung atau juga bocor.

Untuk cara mengatasi android blank putih, adalah sebagai berikut :

  • Cabut baterai lama, lalu mencoba menggantinya dengan baterai lain. Cobalah hidupkan kembali HP android anda.
  • Jika belum berhasil, cobalah lihat konektor LCD lalu memeriksanya. Cobalah bersihkan konektor dan memasangnya kembali. Hidupakan lagi HP android anda.
  • Cobalah ganti konektor LCD jika memang belum berhasil.
  • Lakukan reset smartphone dengan cara menekan tombol reset menggunakan peniti atau popper clip.
  • Lakukan Flash ROM android dengan menggunakan SP Flash Tool dengan firmware bawaannya.

Dengan malakukan cara mengatasi android blank screen diatas, diharapkan sekarang HP android anda yang memiliki masalah tersebut bisa segera teratasi. Dan jika memang cara yang kami bagikan diatas belum berhasil mengatasinya, anda disarankan untuk membawa HP anda tersebut ke Service Center untuk lebih amannya. Semoga informasi diatas bermanfaat ya! Salam dari kami Tim Goeztcool.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Android Blank Screen"