Business

Tanggal

Lari Pagi Inilah 20 Manfaatnya Bagi Kesehatan.

lari pagi doc.google
Bangun pagi-pagi dan pergi keluar rumah, tentu kita akan merasakan sejuknya udara pagi. Udara dimana masih segar dan  belum tercemari oleh asap kendaraan bermotor. Di waktu ini sangat cocok untuk olahraga yang paling murah. Apalagi kalo bukan lari-lari pagi. Cukup mencari spot yang kondusif dan  persiapan perlengkapan pakaian sudah cukup untuk melakukan aktivitas ini.

Aktivitas lari pagi ini semestinya sudah menjadi salah satu rutinitas kita. Beragam manfaat lari pagi bagi kesehatan memang sudah bukan rahasia lagi, berikut ini ulasan manfaat lari pagi selengkapnya :

01.Umur Lebih Panjang:
Walaupun lari pagi banyak menggerakkan kaki bukan berarti efeknya hanya pada jangka pendek saja. Faktanya dengan lari pagi juga, kita akan memiliki manfaat untuk jangka panjang. Penelitian : Penelitian terbaru menemukan bahwa dengan berlari 56 Km dalam seminggu, akan menekan resiko kematian hingga 54%. Wow, tunggu apalagi mari kita mulai membiasakan lari pagi. Walaupun kematian adalah keniscayaan bagi manusia, namun usaha kita selama kita hidup turut menentukan usia kematian kita.
02.Kesehatan Jantung:
Penelitian lain menyebutkan bahwa dengan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39%. Selain itu, gangguan endapan kolesterol bisa di kurangi hingga 34%. Berlari pagi membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung. Selain mengurangi resiko penyakit jantung, dengan control terhadap jumlah kolesterol di dalam tubuh tersebut juga menurunkan resiko obesitas
03.Mencegah Impotensi:
Khusus untuk pria, dengan berlari di pagi hari membantu fungsi kebugaran organ reproduksinya. Berangkat dari penelitian yang menemukan bahwa 3000 kalori per minggu yang di bakar dari aktivitas lari pagi bisa membuat disfungsi ereksi bisa di atasi hingga 83% kefektifannya. Dengan demikian, salah satu masalah reproduksi yang paling tidak diinginkan kaum pria ini bisa diatasi dengan membiasakan diri berlari di pagi hari.
04.Memperkuat Tulang:
Penelitian : Universitas Missouri melakukan penelitian dengan membandingkan kepadatan tulang dari pelari dan para pesepeda. Hasilnya 63 % pesepeda memiliki kepadatan tulang yang kurang baik dibanding para pelari yang hanya 19%. Hal ini artinya meskipun manfaat bersepeda juga baik bagi tulang, namun tetap para pelari memiliki kepadatan tulang lebih baik dibanding para pesepeda. Angka tersebut menunjukkan bahwa pelari yang biasa berlari, ternyata memiliki sel-sel tulang lebih padat. Oleh karena itu, kenapa kita tidak meniru kebiasaan mereka? Dengan berlari tulang kita semakin padat dan kita menjadi pribadi yang lebih tahan banting.
05.Mencegah Dimensia:
Jurnal yang di buat oleh American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki rutinitas lari pagi sejak remaja akan mengurangi resiko kepikunan di saat usia senja. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan bahwa manfaat lari pagi mampu meningkatkan fungsi otak terkait kemampuan konsentrasi dan daya ingatnya, seperti yang didapat dari manfaat bermain catur.
06.Memperbaiki Kualitas Tidur:
Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan para penderita insomnia yang di latih untuk rutin melakukan lari pagi berhasil membuat mereka mengatasi waktu tidurnya 17 menit lebih cepat. Selain itu mereka mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya setelah rutin berlari di pagi hari. Manfaat jogging ini bisa menjadi referensi bagi anda penderita insomnia untuk memperbaiki waktu tidur anda agar kembali lebih normal.
07.Membakar Kalori:
Banyak orang yang melakukan lari pagi karena alasan ingin membakar kalori dalam tubuhnya. Memang benar, bahwa lari pagi dapat mengurangi berat badan hingga 2 kali lebih efektif daripada yang didapat dari manfaat berjalan kaki. Aktvitas lari pagi akan membakar kalori hingga mencapai 2 kali lipat lebih efektif. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mengurangi berat badan anda dan saat ini sedang menjalani program diet, perlu bagi anda untuk mengimbanginya dengan rutinitas lari pagi.
08.Tidak Mudah Sakit:
Penelitian : Universitas Missouri melakukan penelitian dengan membandingkan kepadatan tulang dari pelari dan para pesepeda. Hasilnya 63 % pesepeda memiliki kepadatan tulang yang kurang baik dibanding para pelari yang hanya 19%. Hal ini artinya meskipun manfaat bersepeda juga baik bagi tulang, namun tetap para pelari memiliki kepadatan tulang lebih baik dibanding para pesepeda. Angka tersebut menunjukkan bahwa pelari yang biasa berlari, ternyata memiliki sel-sel tulang lebih padat. Oleh karena itu, kenapa kita tidak meniru kebiasaan mereka? Dengan berlari tulang kita semakin padat dan kita menjadi pribadi yang lebih tahan banting.
09.Baik Untuk Pernafasan:
Banyak olahraga yang dapat mengoptimalkan sistem pernafasan, contohnya pada manfaat berenang. Manfaat lari pagi bagi mereka yang memiliki sakit asma merasakan dampak yang baik bagi pernafasannya. Apalagi bagi kita yang sehat, pasti akan merasa sistem pernafasan terasa lebih baik. Penelitian : Sebuah penelitian yang melibatkan para penderita penyakit asma, dan kemudian untuk berlari rutin tiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya mereka merasa asmanya jarang kambuh setelah rutin lari pagi. Bahkan mereka merasa bernafas menjadi lebih lega.
10.Daya Tahan Tubuh Meningkat:
Saat kita berlari maka metabolism tubuh akan meningkat, dengan begitu akan memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh lebih cepat. Pembentukan sel-sel immune tersebut sangat baik untuk membantu tubuh kita manangkal serangan-serangan virus yang mencoba menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, dengan kebiasaan lari pagi ini, immune tubuh anda semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Terlepas dari itu faktor asupan seperti manfaat buah-buahan dan sayuran juga penting untuk membangun kekebalan imunitas tubuh.
11.Memperkuat Otot:
Selain bermanfaat untuk menurutkan berat badan, aktivitas lari pagi juga mampu menambah massa otot. Sehinga otot kita akan semakin kuat. Otot yang kuat akan membuat kita lebih bugar. Hal itu dikarenakan bahwa dengan berlari kita akan mengalami proses metabolism yang cepat, termasuk dalam proses produksi sel-sel otot untuk mengganti sel-sel otot yang tua menjadi lebih baru.
12.Terhindar Dari Strees:
Lari pagi juga merupakan aktivitas yang menyenangkan. Kita bisa melakukannya dengan orang lain sambil berbincang atau sambil mendengarkan musik. Kondisi tersebut sangat membantu pikiran kita menjadi lebih fresh , seperti yang didapat darimanfaat bermain gitar. Dampaknya pikiran kita akan lebih tenang dan membuatnya segar kembali untuk siap melakukan aktivitas yang melelahkan sepanjang hari. Baiknya lagi, saat pikiran kita lebih tenang maka produktifitas kerja kita akan semakin meningkat.
13.Menyehatkan Paru Paru:
Saat berlari yang dilakukan terutama di pagi hari membuat kadar oksigen yang masuk ke dalam paru-paru lebih banyak. Selain faktor lingkungan dimana saat pagi hari diketahui sangat kaya akan manfaat oksigen, juga karena aktivitas dari tubuh kita yang memicu untuk bernafas lebih kuat saat bergerak lebih aktif. Masuknya oksigen dalam jumlah yang banyak ke dalam tubuh baik untuk kesehatan paru-paru.
14.Menjaga Setamina Tubuh:
Berlari memang mengeluarkan energi, namun dengan berlari pula kita akan menghasilkan energi. Energi baru yang di buat saat proses metabolisme tubuh, membuatnya menjadi seimbang. Namun berlari terlalu lama justru tidak baik dan malah membuat tubuh kita mengeluarkan terlalu banyak energi. Rutinitas lari pagi ini sebaiknya dilakukan dengan santai sekitar 30 sampai 60 menit setiap harinya. Asalkan dilakukan secara rutin maka hasilnya akan bisa kita dapatkan..
15.Mencegah Nyeri Otot:
Lari pagi membuat tubuh kita bergerak aktif. Hal itu selain baik untuk proses metabolisme tubuh juga baik untuk membuat persendian tulang terlumasi dengan baik. Oleh karenanya, peredaran darah akan menjadi lebih lancar, serta membuat kita terhindar dari rasa nyeri. JIka kita merasa pegal-pegal, tidak ada salahnya kita mempersiapkan untuk berlari di pagi hari. Dengan demikian membuat rasa pegal kita akan hilang secara lebih alami
16.Memperkuat Tulang Kaki :
Selain bisa membakar lemak, dan menambah massa otot, dengan lari pagi juga turut merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang pinggul, tulang punggung, serta tulang kaki kita. Dimana saat kita berlari, bagian kaki kita menjadi tumpuannya. Dengan begitu tulang kaki kita terlatih untuk lebih kuat. Bagi anda yang memiliki aktivitas kerja membutuhkan mobilitas yang tinggi, perlu memiliki tulang kaki yang kuat. Maka sebaiknya anda memasukkan kegiatan lari pagi ini menjadi salah satu dari rutinitas anda..
17.Mencegah Resiko Diabetes :
Proses pembakaran pada lari pagi tidak hanya pada kalori melainkan juga kolesterol pada tubuh. Turunnya berat badan ketika rutin lari pagi membuktikan bahwa kandungan kalori dan kolesterol yang menumpuk perlahan-lahan jadi berkurang. Hal ini berbanding lurus dengan turunnya resiko penyakit diabetes. Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi resiko diabetes hingga 5%.
18.Mencegah Rematik :
Lari pagi membuat kita aktif menggerakkan kedua kaki kita. Gerakan itu membuat otot kaki kita menjadi lebih lentur, dan mengurangi ketegangan pada otot kaki. Para pakar sepakat kondisi tersebut akan membantu kita mengatasi penyakit rematik. Karena otot kita lebih lentur dan rasa nyeri semakin berkurang.
19.Mengatasi Hipertensi :
Sejumlah manfaat sayur-sayuran memang dapat meredakan hipertensi, namun olahraga kardio seperti lari pagi juga baik untuk melancarkan peredaran darah. Gerakan kardio yang ringan ini, terbilang cukup proporsional untuk menjaga pola detak jantung. Kondisi ini membuat tekanan darah menjadi lebih normal. Bagi penderita hipertensi, para pakar menyarankan agar mulai membiasakan lari pagi. Karena dengan lari pagi turut membantu untuk menurunkan tekanan darahnya.
20.Mencegah Kanker Usus:
Studi terbaru yang dilakukan di British journal of cancer menemukan bahwa dengan aktif lari pagi selama 5-6 jam dalam seminggu akan membuat resiko kaker berkurang hingga 24 %. Terutama resiko kanker pada usus besar. Karena pada saat berlari di pagi hari, gerakan yang kita lakukan turut memberikan pada usus kita. Kontraksi yang dihasilkan akan menjadi lebih alami, dan itu baik untuk kesehatan organ usus besar kita.
Berapa lama sebaiknya lari pagi dilakukan? Untuk benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat lari pagi ini, maka perlu serius melakukan rutinitas ini. Banyak yang awalnya semangat untuk melakukan rutinitas ini, namun semangat itu tidak bertahan lama. Waktu yang diperlukan juga harus di sesuaikan dengan baik. Jangan berlari dengan durasi yang sangat sedikit, kebanyakan orang berlari dalam 10 hingga 15 menit saja sudah berhenti. Namun berlari terlalu lama juga kurang baik, dan justru akan membuat tubuh kita kelelahan. Agar proses pembakaran efektif, lakukan hal ini ketika lari pagi : Biasakan untuk berlari selama 45 menit Dalam seminggu usahakan dilakukan sebanyak 3-4 kali Berlarilah dengan santai dan dengan penuh kegembiraan, pelan asal pasti Carilah rekan lainnya untuk turut membantu membiasakan rutinitas ini Lakukan rutinitas itu dengan baik hingga menjadi kebiasaan Jika ingin lebih nyaman kita bisa berlari sambil mendengarkan musiK lewat mp3 player. Selain tubuh sehat, pikiran kita pun akan terasa lebih senang.

Sumber:manfaat.co.id

7 comments:

  1. Replies
    1. aja lecit koe Meng....sopralan..

      Delete
    2. wahaha ini pake spoiler ^^, agan kaskuser yag

      Delete
  2. ane suka rutin lari, hehe tapi manfaatnya ternyata lebih banyak wkwkw,

    ini pake spoiler mirip di kaskus gan, jangan jangan agan kaskuser sejati hehehe

    Salam Cinta dan Romansa
    Lukman
    lukmanfiless.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane nubi Gan liat aja post baru 2 >> http://www.kaskus.co.id/profile/aboutme/1486721

      Delete
  3. And lari di tempat Gan.yg penting keluar keringet...nice post.

    ReplyDelete