Business

Tanggal

Prakiraan Musim Hujan 2014-2015.

 Share sedikit nih Gan/Sist sekarang kan sudah memasuki musim penghujan bukan musim BBM naik ye haha....
Ilustrasi hujan

Wilayah Indonesia berada pada posisi strategis, terletak di daerah tropis, diantara Benua Asia dan Australia, diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta dilalui garis katulistiwa, terdiri dari pulau dan kepulauan yang membujur dari barat ke timur, terdapat banyak selat dan teluk, menyebabkan wilayah Indonesia rentan terhadap perubahan iklim/cuaca.
Fenomena yang mempengaruhi iklim di Indonesia :
  1. El Nino dan La Nina
  2. Dipole Mode
  3. Sirkulasi Monsun Asia - Australia
  4. Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis (Inter Tropical Convergence Zone / ITCZ)
  5. Suhu Permukaan Laut di Wilayah Indonesia
Update Prakiraan Musim Hujan 2014 - 2015 secara umum dapat disimpulkan sebagai berikut:
  1. Kondisi kekeringan umumnya terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia.
  2. Kelembaban udara di Indonesia bagian tengah dan timur umumnya lebih rendah dibanding rata-ratanya.
  3. Monsun Australia (angin dari timur) di selatan ekuator relatif masih kuat.
  4. Meskipun Nino 34 bernilai hangat (0.338), tapi masih belum melebihi batas (0.5) dan SOI masih belum mendukung sehingga El Nino masih belum terjadi.
  5. Musim hujan di Jawa umumnya diperkirakan akan terjadi mulai pertengahan November 2014.
Silahkan klik http://www.bmkg.go.id/  Prakiraan Musim Hujan selengkapnya.


apa itu El Nino dan El Nina ?

El-Nino (gambar di atas) akan terjadi apabila perairan yang lebih panas di Pasifik tengah dan timur meningkatkan suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada di atasnya. Kejadian ini mendorong terjadinya pembentukan awan yang akan meningkatkan curah hujan di sekitar kawasan tersebut. Bagian barat Samudra Pasifik tekanan udara meningkat sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan awan di atas lautan bagian timur Indonesia, sehingga di beberapa wilayah Indonesia terjadi penurunan curah hujan yang jauh dari normal (gambar di bawah).
EL NINA


Suhu permukaan laut di Pasifik tengah dan timur menjadi lebih tinggi dari biasa pada waktu-waktu tertentu, walaupun tidak selalu. Keadaan inilah yang menyebabkan terjadinya fenomena La-Nina (gambar di bawah). Tekanan udara di kawasan equator Pasifik barat menurun, lebih ke barat dari keadaan normal, menyebabkan pembentukkan awan yang lebih dan hujan lebat di daerah sekitarnya.
"sedia payung sebelum hujan"
Selamat Petang dan terima kasih...



9 comments:

  1. jos gan,aku gak mudeng kayane :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sing jelas yo ngowo payung sa urunge udan haha...

      Delete
    2. yang naik motor ya bawanya mantol jangan payung, mabur takutnya :D

      Delete
    3. betul mas bro bawa2 payung ntar dikira ojek payu cekakkak

      Delete
  2. Musim hujan itu paling enak buat tidur gan. Nikmat tiada tara hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tiduran doang ga sehat dong Gan..enaknya tiduran sambil kelonan hahhahaha

      Delete
  3. Nice Post Gan :) , Musim Hujan Enak nya Oacaran Hehehehheehh , Ama Pacar ,

    Http://sarnujitea.blogspot.com All About Android

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak kalo ente tuh pacaran sama hempong :ngakak

      Delete