Business

Tanggal

Hari Raya tidak perlu serba baru.

Bagi sebagian orang, merayakan Idul Fitri masih identik dengan baju baru, dekorasi rumah baru, juga aneka sajian kue kering, ketupat, dan opor ayam. Tak heran jika tingkat konsumsi menjelang hari raya cenderung melonjak.

Mengelola keuangan selama Ramadan menjadi penting agar tak terjadi kekacauan usai hari raya. Buat skala prioritas agar tak mengalami besar pasak daripada tiang.

"Ibu-ibu harus bijak mengelola keuangan, jangan sampai salah perhitungan," kata Ibu Negara, Ani Yudhoyono, di sela-sela acara Pesta Tenun 2010, Ritz Carlton Jakarta, Jumat, 27 Agustus 2010. "Belanja saat puasa dan menjelang hari raya harus dibatasi."

Ibu Ani mengingatkan para ibu agar tak terlena dengan tunjangan hari raya. Jangan sampai, konsumsi persiapan Lebaran menyisakan beban pascahari raya. "Berhematlah dari sekarang, lakukan gaya hidup sederhana dan jangan sampai menyesal belakangan.

Agar THR tidak langsung ludes, solusinya mudah. Lakukan beberapa strategi jitu untuk memaksimalkan manfaat THR.

- Simpan di rekening Anda yang tidak ber-ATMAgar THR tidak langsung dibelanjakan, pindahkan ke rekening yang tidak memiliki ATM. Hal ini perlu agar Anda tidak ldebit eluasa menarik uang dari mesin ATM, atau berbelanja setiap saat.

- Tabung sebagianSisihkan sekitar 10% untuk ditabung. Makin besar porsi untuk ditabung, makin baik. Jika ingin membeli barang,cobalah memilih produk yang memiliki nilai investasi, misalnya emas. Gunakan kesempatan ini untuk menabung lebih banyak daripada biasanya.

- Prioritaskan keperluanSusun daftar barang atau keperluan yang harus didahulukan. Sisihkan untuk membayar THR orang-orang yang bekerja di rumah Anda, seperti pembantu dan sopir. Alokasikan sebagian uang THR untuk membeli makanan dan kue. Sebaiknya jangan membeli pakaian terlalu banyak. Dengan sedikit mix and match, baju Lebaran lama bisa disulap menjadi baru. Dengan begitu, jatah dana untuk pakaian bisa dialokasikan ke tempat lain yang lebih penting.

- Buat Anggaran mudikJika ingin mudik, sebaiknya Anda menyusun rencana jauh-jauh hari. Buatlah perkiraan kenaikan harga tiket yang biasanya melonjak. Kurangi belanja yang tidak perlu. Fokuskan pada biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan mudik, selama di kampung, dan perjalanan pulang.

- Sisihkan untuk melunasi utangAnda bisa memanfaatkan sebagian uang THR untuk melunasi utang. Mungkin, Anda akan merasa THR lenyap begitu saja tanpa Anda membeli apa pun. Tapi, setelah Idul Fitri usai, Anda akan bisa merasakan betapa ringannya hidup tanpa utang.

- InvestasiTHR boleh saja digunakan untuk investasi. Jika ingin aman, sebaiknya berkonsultasilah dengan pakarnya. Salah satu investasi yang aman adalah menggunakan THR untuk membayar premi asuransi pendidikan anak-anak, kesehatan, atau jaminan hari tua. (vivanews.com)

13 comments:

  1. Wah nice tips shob ... btw gak dapet thr .. hiks..
    YAng perlu adalah akhlaq dan budi pekerti harus baru ....menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  2. Yang kedua gan...... iman yang perlu di perbaiki gan...

    ReplyDelete
  3. SyahidaComputer :) THR jgn dpikir Gan yg penting gaji pokok,terus kita bisa belajar dari puasa Ramadhan ini Amin...

    JAMIAN :) kata upin..betul..betul..betul..

    ReplyDelete
  4. salam sahabat
    bener mas yang penting suasana hatinya yang baru semangat baru di tahun baru 1 syawal

    ReplyDelete
  5. yup!! betul bgt., yang penting raih kemenagan dengan hati yang suci..,
    wezyeh...

    ReplyDelete
  6. Bener bgt tuh Sob.. aku setuju... gak perlu baru2 an hhe... mending bener kata Sobat disisihkan atau diinvestasikan.. wah diajak mikir bagus nie aku hhe.. makasih Sob tips'y....

    Semangat n happy bloggig...

    ReplyDelete
  7. Baju baru alhamdulillah,
    Tak ada pun tak apa2, heheheh
    Yg penting makna idul fitrinya sob, yaitu saling maaf memaafkan,,,

    ReplyDelete
  8. tipsnya mantab sobat..selamat mudik

    ReplyDelete
  9. mieny juga gAk baru kok, yang sudah ada ajah masih bagus

    ReplyDelete
  10. ho oh. yang baru paling- calon pendamping- khusus yang masih jadi jose.. jomblo sebosene wkwkwk

    ReplyDelete
  11. setuju sahabat, Lebaran memang tidak perlu semuanya baru, harus disesuaikan dengan keadaan dan terpenting adalah hati kita yang baru terlebih setelah menjalani 1 bulan puasa, btw nice tips.

    ReplyDelete
  12. Jika ingin membeli barang,cobalah memilih produk yang memiliki nilai investasi, misalnya emas. Gunakan kesempatan ini untuk menabung lebih banyak daripada biasanya.

    ReplyDelete
  13. All.....mohon ma'af lahir batin ea ga bisa jawab satu" hehe....

    ReplyDelete